Menjamak sholat, maksudnya adalah melaksanakan dua sholat (zhuhur dan ashar, atau maghrib dan isya) dalam satu waktu sholat. Terkadang atau mungkin sering kita melihat para musafir yang singgah di dekat masjid, meski mereka mendengar adzan dan tidak ada masyaqqoh (kesulitan) untuk mendatangi sholat berjamaah di masjid pada waktu-waktu yang ditetapkan, mereka tetap menjamak shalat mereka. Hal ini menimbulkan pertanyaan tersendiri, apakah memang jamak bagi musafir disyariatkan (dalam arti disunnahkah atau diwajibkan) ataukah hanya sekadar dibolehkan dan lebih utama sholat pada waktu masing-masing? Atau bahkan tidak ada syariat jamak bagi musafir?
Tentang hal ini, berikut ini disampaikan penjelasan Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin – rohimahulloh – dalam asy-Syarhul Mumti’ Jilid ke-4 hal 387-390.
Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin – rohimahulloh – berkata:
Perkataan beliau [1] “Pada safar qoshor.” Ini adalah salah satu sebab yang membolehkan jamak, yaitu safar qoshor [2]. Dan jika para ulama berkata, “pada safar qoshro,” maka maksud mereka adalah safar yang sholat bisa diqoshor [3] padanya. Sehingga tidak termasuk safar yang sholat tidak boleh diqoshor padanya. Tentang safar qoshor ini, telah berlalu penjelasan tentangnya, apakah dibatasi dengan jarak tertentu ataukah dengan ‘urf (kebiasaan setempat).[4]
Dan perkataan beliau, “Pada safar qoshor.” Yang nampak dari zhohir perkataan beliau, bahwa musafir boleh menjamak sholatnya, baik ketika dia singgah atau ketika dalam perjalanannya. Dan masalah ini ada perselisihan di kalangan para ulama.
Di antara mereka ada yang berpendapat, tidak boleh jamak bagi musafir kecuali jika dalam perjalanan saja, dan tidak ketika singgah.
Berdalil dengan hadits Ibnu Umar,
كان النبي صلّى الله عليه وسلّم يجمع بين المغرب والعشاء إذا جَدَّ به السير
“Adalah Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam menjamak sholat maghrib dan isya ketika beliau di tengah perjalanan.” [5] yakni ketika beliau dalam perjalanan safarnya.
Juga berdalil dengan, bahwasanya Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam tidak menjamak dua sholat ketika di Mina pada waktu haji wada’, karena pada waktu itu beliau sedang singgah [6], padahal tidak diragukan lagi bahwa beliau dalam safar, karena beliau mengqoshor sholat.
Dan dibawakan dalil atas mereka (sebagai bantahan) bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam menjamak zhuhur dan ashar di Arofah [6], padahal beliau sedang singgah.
Namun mereka menjawab (bantahan ini) bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam menjamak zhuhur dan ashar di Arofah ketika singgah agar manusia bisa mendapati sholat berjamaah bersama satu imam. Karena setelah sholat, manusia akan berpencar di tempat-tempat wuquf mereka di Arofah, sehingga akan susah dan sulit untuk mengumpulkan mereka kembali. Maka Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam hendak menjamak sholat zhuhur dan ashar padahal beliau singgah, dalam rangka untuk mendapatkan sholat berjamaah dengan satu imam.
Semisal dengan itu adalah, bahwa manusia menjamak sholat maghrib dan isya ketika hujan dalam rangka untuk mendapati sholat berjamaah. Jika tidak demikian, maka sesungguhnya mereka mampu untuk sholat pada waktunya di rumah-rumah mereka, karena terhalangi oleh becek.
Pendapat kedua, bolehnya jamak bagi musafir baik ketika dia telah singgah atau ketika di tengah perjalanan safarnya.
Mereka berdalil dengan hujah berikut:
1- Bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam menjamak sholat pada peperangan Tabuk ketika beliau singgah.[7]
2- Zhohir hadits Abu Juhaifah rodhiyallohu ‘anhu yang ada di shohihain,
أن النبي صلّى الله عليه وسلّم كان نازلاً في الأبطح في حجة الوداع، وأنه خرج ذات يوم وعليه حلة حمراء فأمَّ الناس فصلّى الظهر ركعتين والعصر ركعتين
“Bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam singgah di Abthoh ketika haji wada’. Dan bahwa pada suatu hari, beliau keluar mengenakan pakaian berwarna merah, lalu mengimami manusia, sholat zhuhur dua raka’at dan ashar dua raka’at.”[8] Mereka berkata, zhohir hadits ini menunjukkan bahwa kedua sholat itu dijamak.
3- Keumuman hadits Ibnu Abbas bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam,
جمع بين الظهر والعصر وبين المغرب والعشاء في المدينة من غير خوف ولا مطر
“Menjamak zhuhur dengan ashar dan maghrib dengan isya bukan karena rasa ketakutan maupun hujan.”[9]
4- Bahwa jika dibolehkan jamak karena hujan, maka jamak karena safar lebih utama untuk dibolehkan.
5- Bahwa seorang musafir merasa berat untuk menyendirikan setiap sholat pada waktunya, baik karena kecapekan, sedikitnya air atau sebab lainnya.
Dan yang benar, bahwa jamak bagi seorang musafir dibolehkan. Akan tetapi bagi musafir yang berada di tengah perjalanan, disukai (disunnahkan untuk menjamak). Sedangkan musafir yang telah singgah pada suatu tempat dibolehkan namun tidak disukai, jika dia menjamak tidak mengapa, tapi jika tidak menjamak maka itu lebih utama.
{Selasai nukilan dari Syaikh al-Utsaimin – rohimahulloh – }
———————————————-
Catatan Kaki:
[1] {Yang dimaksud adalah penulis kitab Zadul Mustaqni’ fii Ikhtishor al-Muqni’ yang kitabnya beliau syarah dalam asy-Syarhul Mumti’ ini. Dia (penulis kitab Zadul Mustaqni’) adalah Syarofuddin Abu an-Naja Musa bin Ahmad al-Hajawi – rohimahulloh –, wafat pada tahun 960 H.} (alBamalanjy)
[2] {Dalam kitab Zadul Mustaqni’ disebutkan sebab lainnya, seperti sakit yang menimbulkan masyaqqoh (kesulitan), hujan yang sampai membasahi pakaian, becek, dan angin yang sangat dingin.} (alBamalanjy)
[3] {Adapun qoshor adalah meringkas sholat yang empat raka’at menjadi dua raka’at. Dan tidak ada kelaziman antara jamak dengan qoshor. Maksudnya, adanya qoshor tidak mengharuskan dijamaknya sholat, begitu pula sebaliknya. Sehingga terkadang suatu sholat diqoshor tanpa dijamak dengan sholat lain, atau dijamak tanpa harus diqoshor, dan terkadang sholat dilakukan dengan jamak dan qoshor sekaligus.} (alBamalanjy)
[4] Lihat halaman (352). {Dalam halaman tersebut Syaikh menyimpulkan, “Maka yang benar, tidak ada batasan jarak, hanya saja hal itu dikembalikan kepada ‘urf.”} (alBamalanjy)
[5] Dikeluarkan oleh al-Bukhori dalam kitab Taqshir ash-Sholat, bab al-Jam’u fis Safar baynal Maghrib wal Isya (1106); dan Muslim dalam kitab Sholatul Musafirin, bab Jawazul Jam’i Bayna ash-Sholatain fis Safar (703) (43)
[6] Dikeluarkan oleh Muslim dalam kitab al-Manasik, bab Hajjatin Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam (1218) (147)
[7] Dikeluarkan oleh Imam Ahmad (5/237, 238); Abu Daud dalam kitab ash-Sholat, bab al-Jam’u Bayna ash-Sholatain (1206) ; an-Nasa`i dalam kitab al-Mawaqit, bab al-Waqtul Ladzi Yajma’u fihil Musafir bayna azh-Zhuhri wal Ashri (1/285); Ibnu Abdil Barr berkata, “Ini hadits yang shohih tsabit.” At-Tamhid (12/194)
[8] Dikeluarkan oleh al-Bukhori dalam kitab ash-Sholat, bab as-Sutroh bi Makkah wa Ghoiriha (501); dan Muslim dalam kitab ash-Sholat, bab Sutrotul Musholli (503) (249)
[9] Dikeluarkan oleh Muslim dalam kitab Sholatul Musafirin, bab al-Jam’u bayna ash-Sholataini fil Hadhor (705) (54)
————————————————-
Teks asli (diambil dari e-kitab asy-Syarhul Mumti’ download dari situ resmi Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin –rohimahulloh- http://www.binothaimeen.com)
قوله: «في سفر قصر» هذا أحد الأسباب المبيحة للجمع، وهو سفر القصر، وإذا قال العلماء: في سفر قصر، فمرادهم به السفر الذي تقصر فيه الصلاة، فيخرج به السفر الذي لا تقصر فيه الصلاة، وسفر القصر سبق الكلام عليه، هل هو مقيد بمسافة معينة أو بالعرف[(561)].
وقوله: «في سفر قصر» ظاهر كلامه أنه يجوز الجمع للمسافر سواء كان نازلاً أم سائراً، وهذه المسألة فيها خلاف بين العلماء.
فمنهم من يقول: إنه لا يجوز الجمع للمسافر إلا إذا كان سائراً لا إذا كان نازلاً.
واستدل بحديث ابن عمر: «كان النبي صلّى الله عليه وسلّم يجمع بين المغرب والعشاء إذا جَدَّ به السير»[(562)] يعني إذا كان سائراً.
وبأن النبي صلّى الله عليه وسلّم لم يجمع بين الصلاتين في منى في حجة الوداع؛ لأنه كان نازلاً[(563)]، وإلا فلا شك أنه في سفر؛ لأنه يقصر الصلاة.
وأورد عليهم أن النبي صلّى الله عليه وسلّم جمع بين الظهرين في عرفة (563) وهو نازل.
وأجابوا بأن النبي صلّى الله عليه وسلّم جمع بين الظهرين في عرفة وهو نازل ليدرك الناس صلاة الجماعة على إمام واحد؛ لأن الناس بعد الصلاة سوف يتفرقون في مواقفهم في عرفة، ويكون جمعهم بعد ذلك صعباً وشاقاً، فأراد النبي صلّى الله عليه وسلّم أن يجمع بين الظهر والعصر مع أنه نازل من أجل حصول الجماعة على إمام واحد.
ونظير ذلك أن الناس يجمعون بين المغرب والعشاء في المطر من أجل تحصيل الجماعة، وإلا فبإمكانهم أن يصلّوا الصلاة في وقتها في بيوتهم؛ لأنهم معذورون بالوحل.
والقول الثاني: أنه يجوز الجمع للمسافر، سواء كان نازلاً أم سائراً.
واستدلوا لذلك بما يلي:
1 ـ أن النبي صلّى الله عليه وسلّم جمع في غزوة تبوك وهو نازل[(564)].
2 ـ ظاهر حديث أبي جحيفة رضي الله عنه الثابت في الصحيحين: «أن النبي صلّى الله عليه وسلّم كان نازلاً في الأبطح في حجة الوداع، وأنه خرج ذات يوم وعليه حلة حمراء فأمَّ الناس فصلّى الظهر ركعتين والعصر ركعتين»[(565)] قالوا: فظاهر هذا أنهما كانتا مجموعتين.
3 ـ عموم حديث ابن عباس أن الرسول صلّى الله عليه وسلّم: «جمع بين الظهر والعصر وبين المغرب والعشاء في المدينة من غير خوف ولا مطر»[(566)].
4 ـ أنه إذا جاز الجمع للمطر ونحوه، فجوازه للسفر من باب أولى.
5 ـ أن المسافر يشق عليه أن يفرد كل صلاة في وقتها، إما للعناء، أو قلة الماء، أو غير ذلك.
والصحيح أن الجمع للمسافر جائز لكنه في حق السائر مستحب وفي حق النازل جائز غير مستحب إن جمع فلا بأس، وإن ترك فهو أفضل.
————–
[561] انظر: ص(352).
[562] أخرجه البخاري، كتاب تقصير الصلاة، باب الجمع في السفر بين المغرب والعشاء (1106)؛ ومسلم، كتاب صلاة المسافرين، باب جواز الجمع بين الصلاتين في السفر (703) (43).
[563] أخرجه مسلم، كتاب المناسك، باب حجة النبي صلّى الله عليه وسلّم (1218) (147).
[564] أخرجه الإمام أحمد (5/237، 238)؛ وأبو داود، كتاب الصلاة، باب الجمع بين الصلاتين (1206)؛ والنسائي، كتاب المواقيت، باب الوقت الذي يجمع فيه المسافر بين الظهر والعصر (1/285). قال ابن عبد البر: «هذا حديث صحيح ثابت». «التمهيد» (12/194).
[565] أخرجه البخاري، كتاب الصلاة، باب السترة بمكة وغيرها (501)؛ ومسلم، كتاب الصلاة، باب سترة المصلي (503) (249).
[566] أخرجه مسلم، كتاب صلاة المسافرين، باب الجمع بين الصلاتين في الحضر (705) (54).