Wahai Fadhilatusy Syaikh, Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.
Apakah seorang wanita mendapatkan dosa ketika melihat kepada kaum laki-laki, baik secara langsung ataupun melalui televisi?
Jawaban:
Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam. Aku bershalawat dan mengucapkan salam kepada nabi kita Muhammad, juga kepada keluarga beliau, dan para sahabatnya seluruhnya.
Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.
Amma ba’du.
Wanita yang melihat kepada laki-laki tidak lepas dari beberapa keadaan:
Pertama; melihatnya dengan syahwat, atau dikhawatirkan timbul fitnah darinya, maka ini pandangan yang haram dan tidak boleh, menurut kesepakatan para ulama, sebagaimana dinyatakan oleh banyak para ulama seperti al-Jashshash dan an-Nawawi.
Kedua; melihatnya karena suatu hajat (keperluan), maka ini dibolehkan. Karena larangan melihat – menurut pendapat yang mengharamkannya secara mutlak – hanyalah termasuk pengharaman perkara-perkara yang menjadi perantara yang hukumnya menjadi boleh (mubah) karena suatu hajat.
Ketiga; melihatnya bukan karena suatu keperluan, dan bukan pula karena syahwat dan tidak dikhawatirkan timbul fitnah darinya, maka keadaan ini diperselisihkan oleh para ulama tentang hukumnya menjadi dua pendapat secara global.
Pendapat pertama; hal itu dibolehkan. Ini merupakan pendapatnya Abu Hanifah, Malik, Ahmad, dan salah satu dari pendapat asy-Syafi’i. Mereka berdalil dengan beberapa hadits. Di antaranya apa yang diriwayatkan oleh al-Bukhari (455) dan Muslim (893) dari jalan az-Zuhri, dari Urwah, dari Aisyah – radhiyallahu ‘anha – dia berkata,
رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يسترني بردائه وأنا أنظر إلى الحبشة وهم يلعبون، وأنا جارية
“Aku melihat Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – menutupiku dengan rida’-nya sedangkan aku melihat orang-orang habasyah yang sedang bermain, sedangkan aku masih kecil.”
Demikian pula yang diriwayatkan oleh Muslim (1480) dari jalan Abu Salamah, dari Fathimah binti Qais – radhiyallahu ‘anha – bahwa Nabi – shallallahu ‘alaihi wa sallam – bersabda kepadanya,
اعتدي عند ابن أم مكتوم؛ فإنه رجل أعمى تضعين ثيابك عنده
“Ber’iddahlah kamu di rumah Ibnu Ummi Maktum, karena dia adalah seorang yang buta, kamu bisa melepaskan pakaianmu padanya.”
Dan tentang firman Allah,
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ
“dan katakanlah kepada wanita mukminah agar mereka menundukkan pandangan-pandangan mereka.” (an-Nur: 31)
Mereka membawa ayat tersebut kepada makna menundukkan pandangan dari apa yang tidak boleh dipandang seperti memandang aurat.
Pendapat kedua; hal itu haram. Ini adalah pendapatnya asy-Syafi’i dan satu riwayat dalam madzhab Ahmad. Mereka berdalil dengan firman Allah,
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ
“dan katakanlah kepada wanita mukminah agar mereka menundukkan pandangan-pandangan mereka.” (an-Nur: 31)
Mereka juga berdalil dengan apa yang diriwayatkan oleh Abu Daud (4112) dan at-Tirmidzi (2778) dari jalan az-Zuhri, dari Nabhan maula Ummu Salamah, dari Ummu Salamah – radhiyallahu ‘anha – dia menceritakan kepadanya, bahwa dia (Ummu Salamah) dahulu berada di sisi Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – bersama Maimunah. Dia berkata, ketika kami berada di sisinya datanglah Ibnu Ummi Maktum dan dia masuk menemui beliau. Kejadian ini setelah kami diperintahkan untuk berhijab. Maka Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – bersabda, “Berhijablah kalian berdua darinya” Maka aku berkata, “Wahai Rasulullah, bukankah dia orang yang buta tidak bisa melihat kami dan tidak mengenali kami?!” Maka Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam –, “Apakah kalian berdua buta? Bukankah kalian berdua bisa melihatnya?!” At-Tirmidzi berkata, ini hadits yang hasan shahih.
Yang lebih dekat dengan kebenaran dari dua pendapat tersebut adalah pendapat yang mengatakan bolehnya hal tersebut, kecuali jika dikhawatirkan timbul darinya keburukan dan kerusakan, maka hal itu tidak dibolehkan berdasarkan kesepakatan sebagaimana telah dijelaskan di awal. Dan diikutsertakan pada hukum ini (yakni yang tidak boleh karena dikhawatirkan timbul kerusakan), adalah jika seorang wanita melihat kepada seorang laki-laki dengan pandangan untuk memperhatikan keindahan dan ketampanannya, karena pandangan ini berpotensi adanya syahwat, sehingga tidak dibolehkan.
Adapun dalil para ulama yang mengharamkan pandangan wanita kepada laki-laki secara mutlak, sandaran pokok mereka adalah hadits Ummu Salamah – radhiyallahu ‘anha – sedangkan ini adalah hadits yang dibicarakan oleh para ulama dari sisi Nabhan maula Ummu Salamah. Karena dia termasuk orang yang riwayatnya tidak bisa dijadikan hujah. Bisa juga dijawab dengan apa yang disampaikan oleh Abu Daud, “Ini adalah berlaku bagi istri-istri Nabi – shallallahu ‘alaihi wa sallam – secara khusus. Bukankah kamu lihat bagaimana Fathimah binti Qais menghabiskan masa iddah di rumah Ibnu Ummi Maktum, dan Nabi – shallallahu ‘alaihi wa sallam – telah bersabda kepada Fathimah binti Qais – radhiyallahu ‘anha –,
اعتدي عند ابن أم مكتوم؛ فإنه رجل أعمى تضعين ثيابك عنده
“Ber’iddahlah kamu di rumah Ibnu Ummi Maktum, karena dia adalah seorang yang buta, kamu bisa melepaskan pakaianmu padanya.”
Adapun ayat tersebut, maka pada ayat tersebut terkandung pelajaran wajibnya menundukkan pandangan dari memandang segala sesuatu yang terlarang. Sedangkan wajah laki-laki tidaklah termasuk hal yang terlarang dilihat dalam keadaan ketiadaan syahwat. Hal ini dikuatkan oleh apa yang diriwayatkan oleh al-Bukhari (988) dan Muslim (892) dari jalan az-Zuhri, dari Urwah, dari Aisyah – radhiyallahu ‘anha – dia berkata,
رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يسترني بردائه وأنا أنظر إلى الحبشة يلعبون في المسجد
“Aku melihat Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – menutupiku dengan rida’-nya sedangkan aku melihat orang-orang habasyah yang sedang bermain di masjid.”
Dijawab oleh; Syaikh Dr. Khalid al-Mushlih – hafizhahullah – (Menantu dan pengganti Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin – rahimahullah – di Unaizah)
Sumber: http://almosleh.com/ar/index-ar-show-17037.html
فضيلة الشيخ، السلام عليكم ورحمة الله وبركاته، هل على المرأة حرج في نظرها للرجال، سواء مباشرة أو من خلال التلفزيون؟
الحمد لله رب العالمين، وأصلي وأسلم على نبينا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين. وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته. أما بعد. فنظر المرأة إلى الرجال لا يخلو من أحوال: الحال الأولى: أن يكون نظرا بشهوة أو تخشى منه فتنة، فهذا محرم لا يجوز باتفاق أهل العلم، كما قال غير واحد من أهل العلم، كالجصاص والنووي. الحال الثانية: أن يكون نظرا للحاجة فهذا جائز؛ لأن منع النظر ـ على القول بتحريمه مطلقا ـ إنما هو من باب تحريم الوسائل الذي تبيحه الحاجة. الحال الثالثة: أن يكون نظرا لا حاجة إلية، ولا شهوة فيه، ولا تخشى منه فتنة، فهذا اختلف فيه أهل العلم على قولين في الجملة: القول الأول: أن ذلك جائز، وهذا مذهب أبي حنيفة ومالك وأحمد، وهو أحد قولي الشافعي، واستدلوا لذلك بعدة أحاديث، منها ما رواه البخاري (455) ومسلم (893) من طريق الزهري عن عروة عن عائشة رضي الله عنها قالت: ((رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يسترني بردائه وأنا أنظر إلى الحبشة وهم يلعبون، وأنا جارية))، وما روى مسلم (1480) من طريق أبي سلمه عن فاطمة بنت قيس رضي الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لها: ((اعتدي عند ابن أم مكتوم؛ فإنه رجل أعمى تضعين ثيابك عنده))، وحملوا قوله تعالى: ﴿ وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ ﴾ (النور: من الآية31)، على غض البصر عما لا يجوز النظر إليه من العورات. القول الثاني: أن ذلك حرام، وهذا مذهب الشافعي وهو رواية في مذهب أحمد، واستدلوا بقول الله تعالى: ﴿وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ ﴾ (النور: من الآية31)، واستدلوا أيضا بما رواه أبو داود (4112) والترمذي (2778) من طريق الزهري عن نبهان مولى أم سلمة عن أم سلمة رضي الله عنها حدثته أنها كانت عند رسول الله صلى الله عليه وسلم وميمونة، قالت: فبينا نحن عنده أقبل ابن أم مكتوم فدخل عليه، وذلك بعد ما أمرنا بالحجاب، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((احتجبا منه)) فقلت: يا رسول الله، أليس هو أعمى لا يبصرنا ولا يعرفنا؟! فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((أفعمياوان أنتما؟! ألستما تبصرانه؟!)) قال الترمذي: هذا حديث حسن صحيح. وأقرب القولين للصواب القول بالجواز، إلا إن خُشِي من ذلك شر أو فساد، فإنه لا يجوز حينئذ بالاتفاق كما تقدم، ويلحق بهذا ما إذا نظرت المرأة إلى الرجل نظر تأمل في محاسنه وجماله؛ لأن هذا النظر مظنته وجود الشهوة فلا يجوز. أما ما استدل به القائلون بتحريم نظر المرأة للرجل مطلقا، فعمدته حديث أم سلمة رضي الله عنها، وهو حديث تكلم فيه أهل العلم من جهة نبهان مولى أم سلمة، فهو ممن لا يحتج بروايته، وقيل في الجواب ما قاله أبو داود: هذا لأزواج النبي صلى الله عليه وسلم خاصة، ألا ترى إلى اعتداد فاطمة بنت قيس عند ابن أم مكتوم، قد قال النبي صلى الله عليه وسلم لفاطمة بنت قيس رضي الله عنها: ((اعتدي عند ابن أم مكتوم؛ فإنه رجل أعمى تضعين ثيابك عنده)). و أما الآية فإن فيها وجوب غض البصر عن النظر إلى ما نهي عنه، وليس وجه الرجل منه في حال عدم الشهوة، يشهد لهذا ما رواه البخاري (988) ومسلم (892) من طريق الزهري عن عروة عن عائشة رضي الله عنها قالت: ((رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يسترني بردائه وأنا أنظر إلى الحبشة يلعبون في المسجد)) والله تعالى أعلم.
أخوكم
أ.د خالد المصلح
12/ 4/ 1426هـ