Download: Makalah Tentang Zuhud

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah -subhanahu wa ta’ala-. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, keluarga dan para sahabat beliau, serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan sebaik-baiknya sampai hari kiamat.

Seorang muslim yang memperhatikan keadaan kaum muslimin secara menyeluruh di dunia saat ini, tentu merasakan kesedihan yang mendalam karena penguasaan orang-orang kafir terhadap dunia ini. Sedangkan kaum muslimin seakan-akan tidak memiliki kekuatan di hadapan mereka. Yang hal itu akhirnya menimbulkan berbagai penindasan, pembantaian, pelecehan dan penghindaan dari musuh-musuh Islam kepada kaum muslimin.

Namun sesungguhnya, bagi seorang muslim yang mempelajari agamanya, mendalami petunjuk dari al-Quran dan hadits serta penjelasan para ulama, niscaya tidak akan heran akan hal ini. Karena kemunduran, kerendahan dan kekalahan kaum muslimin di hadapan umat lain semacam ini, telah dikabarkan oleh Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam-. Ya, Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- telah mengabarkannya, dan berita itu adalah berita yang pasti benarnya. Karena apa yang beliau sampaikan adalah wahyu dari Allah -subhanahu wa ta’ala- yang maha mengetahui segala sesuatu, baik perkara yang telah lalu, sedang terjadi dan apa yang akan terjadi. Dalam berita itu, Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- tidak hanya sekadar menyampaikan berita. Lebih dari itu beliau juga menyebutkan penyebab kemunduran dan kekalahan tersebut, dengan harapan kaum muslimin berusaha menjauhkan diri dari faktor penyebab itu sehingga bisa memulihkan kemuliaan kaum muslimin di hadapan dunia.

Beliau -shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda,

يُوشِكُ الْأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى الْأَكَلَةُ إِلَى قَصْعَتِهَا فَقَالَ قَائِلٌ وَمِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ قَالَ بَلْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيرٌ وَلَكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ وَلَيَنْزَعَنَّ اللَّهُ مِنْ صُدُورِ عَدُوِّكُمْ الْمَهَابَةَ مِنْكُمْ وَلَيَقْذِفَنَّ اللَّهُ فِي قُلُوبِكُمْ الْوَهْنَ فَقَالَ قَائِلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الْوَهْنُ قَالَ حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ

Hampir-hampir umat-umat yang ada saling menyeru untuk menyerbu kalian sebagaimana para penyantap makanan menyerbu hidangannya.” Lalu ada seseorang yang bertanya, “Apakah hal itu karena jumlah kita yang sedikit ketika itu?” Beliau menjawab, “Bahkan pada waktu itu jumlah kalian sangat banyak. Akan tetapi kalian bagaikan buih yang dibawa oleh aliran air. Dan sungguh Allah akan mencabut dari dada-dada musuh kalian rasa gentar terhadap kalian. Dan sungguh Allah akan menyampakkan ke dalam hati-hati kalian penyakit al-wahn.” Lalu ada seseorang yang bertanya, “Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan penyakit al-wahn?” Beliau menjawab, “Cinta dunia dan takut mati.” (Riwayat Abu Daud, dishahihkan oleh al-Albani dalam ash-Shahihah no. 958)

Dari hadits mulia ini, sangat jelas bahwa cinta dunia merupakan salah satu sebab utama kemunduran dan kekalahan kaum muslimin di hadapan musuh-musuhnya. Oleh karena itulah, di sini kami ingin menyampaikan sedikit penjelasan tentang hakikat dunia, pentingnya bersikap zuhud terhadap dunia dan bagaimana mewujudkan zuhud dalam diri kita. Dengan harapan Allah akan menghilangkan penyakit buruk tersebut dari hati-hati kita.

Klik link di bawah ini untuk download makalah tentang zuhud:

Makalah Tentang Zuhud

(Makalah pernah dimuat di majalah Nikah Sakinah Vol. 9 No. 8)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 270 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: